IPSAYA.COM

Bagaimana cara mengetahui cek kecepatan website dengan pagespeed insight ? serta berapa score kecepatan website anda ? di sinilah solusinya
Site ini merupakan salah satu tools network lookup untuk mengecek segala informasi yang berhubungan dengan Internet network

Tools Diagnosa Untuk Mengecek Informasi Jaringan Internet atau Internet Network Secara Online

Main menu: Cek IP Saya | Cek Ping | Cek Site Header | Cek IP Hosting Lokasi | Cek DNS Records | Cek Port | Cek Alexa Rank | Cek Speed Test | Cek PageSpeed Insight | Cek Meta Tags | Cek IP Blacklist | Whois IP Address Publik | Whois Domain | Cek Nomor Resi |

Cek PageSpeed Insight di sini :

Untuk penjelasan tentang pengecekan Kecepatan Website dengan PageSpeed Insight silahkan Anda baca keterengan di bawah ini

Apakah PageSpeed Insight ?

PageSpeed Insight adalah salah satu tools yang dirancang oleh perusahaan Google inc yang bertujuan untuk mengukur kecepatan suatu website atau kecepatan situs web, kecepatan akan diukur dengan score seberapa cepat konten pada suatu page atau halaman website ketika membuka halaman tersebut. Selain mengukur kecepatan website, PageSpeed juga akan membantu mengevaluasi bagaimana cara optimalisasi kinerja suatu halaman di situs web, agar situs web tersebut dapat dimuat dengan lebih cepat lagi, karena kecepatan suatu website itu sangat penting bagi mesin pencari, semakin besar nilai score pada suatu halaman website maka akan semakin baik pula untuk menempati posisi ranking SEO di dalam hasil pencarian halaman search engine.

Jadi dengan adanya tools cek PageSpeed Insight di sini akan memudahkan anda untuk tes atau cek kecepatan suatu website, mengetahui, mengidentifikasi, menganalisa, memeriksa dan memberikan informasi score kecepatan suatu website baik itu website punya anda sendiri ataupun website punya orang lain. Hasil pengecekan PageSpeed disini akan memberikan Informasi diantaranya page speed score, page speed analysis, serta PageSpeed optimization suggestions atau rekomendasi dari Google PageSpeed untuk optimasi agar suatu halaman website dapat dimuat dengan lebih cepat lagi.

Di bawah ini beberapa istilah serta penjelasan pada PageSpeed Insight optimization suggestions dan TIPS bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan halaman website atau PageSpeed:

Enable Compression

Gunakan aplikasi GZIP sebagai perangkat lunak untuk kompresi file, untuk mengurangi ukuran file CSS, HTML, dan JavaScript.

Minify CSS, JavaScript, and HTML

Dengan mengoptimalkan kode termasuk menghilangkan spasi, koma, dan karakter yang tidak perlu, dengan cara ini dapat meningkatkan kecepatan halaman. Hapus juga kode tidak perlu seperti pada komentar kode, pemformatan, dan kode yang tidak digunakan.

Reduce Redirects

Setiap kali halaman dialihkan ke halaman lain, pengunjung yang datang pada website akan membutuhkan banyak waktu tambahan untuk menunggu siklus respons permintaan pada suatu halaman sampai proses itu benar-benar selesai untuk dimuat.

Remove Render Blocking JavaScript

Hapus file javascript yang tidak perlu atau tidak penting, atau yang duplikat script atau pindahkan sebagian jika perlu, jika ditemukan script yang tidak penting proses memuat halaman akan menunggu lebih banyak waktu lagi dan ini akan memakan banyak waktu untuk memproses, selama proses render ini browser akan berhenti sesaat dan menjalankannya sebelum dapat melanjutkan.

Leverage Browser Caching

Atur untuk membuat kontrol cache yang bertujuan untuk browser menyimpan banyak informasi (css stylesheet, gambar, file JavaScript, dan lainnya) sehingga ketika pengunjung kembali ke situs web, browser tidak perlu memuat ulang seluruh halaman. buat tanggal kedaluwarsa untuk cache pada file, lalu atur tanggal kedaluwarsa untuk berapa lama Anda ingin informasi itu di cache.

Improve Server Response Time

Pilihlah server hosting yang mempunyai waktu respons server yang cepat, yaitu diantaranya server harus dapat menampung beban setiap jumlah lalu lintas yang diterima, sumber daya yang digunakan setiap halaman, serta perangkat lunak yang benar-benar cocok yang digunakan pada server sehingga dapat bekerja dengan optimal dan tidak over load. Rata-rata waktu respons server yang bagus serta optimal adalah di bawah 300 atau 200 ms.

Use a Content Distribution Network

Gunakan Content distribution networks (CDN) atau Jaringan distribusi konten yaitu jaringan server yang digunakan untuk mendistribusikan beban pengiriman konten. Pada dasarnya, salinan situs disimpan di beberapa pusat data center yang berbeda secara geografis sehingga pengguna memiliki akses yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan ke situs web Anda. Contoh CDN misalnya menggunakan Cloudflare dll.

Optimize Images

Pastikan kembali bahwa semua jenis gambar yang Anda buat jangan terlalu besar, secukupnya tetapi cukup jelas untuk dilihat, buatlah format file gambar yang tepat (misalnya PNG umumnya lebih baik untuk grafik dengan kurang dari 16 warna sementara JPEG / JPG umumnya lebih baik digunakan untuk gambar foto) bila perlu lakukan kompres pada file gambar tsb, agar mengurangi ukuran file pada gambar bisa lebih kecil lagi sehingga proses dalam memuat gambar bisa lebih cepat lagi.

Semoga Informasi ini sangat bermanfaat bagi anda.